Monday, September 21, 2015

Khawatir Dituding Penyalahgunaan, SKPD Pemko Pekanbaru Tak Berani Cairkan Dana Asap

BERITA RIAU, PEKANBARU - Meskipun Pemerintah kota Pekanbaru telah menyiapkan dana tak terduga sebesar Rp 1 Milyar untuk tanggap darurat asap namun respon dari SKPD terkait dana tersebut belum tampak. Pasalnya hingga kini belum ada SKPD yang menyalurkan proposal untuk pencairan dana tersebut. Hal ini disampaikan Kepala BPKAD, Musa kepada Wartawan, Senin (21/09/2015).

"Sampai saat ini SKPD yang langsung membidangi terkait bencana belum mengajukan proposal pencairan, jadi sampai saat ini belum ada cair dana darurat asap dari Pemko Pekanbaru," ungkap Musa.

Dijelaskan, SKPD yang bisa mencairkan dana tersebut boleh SKPD mana saja asalkan peruntukan dananya jelas untuk mengatasi bencana asap ini. Tapi berdasarkan arahan dari Walikota Pekanbaru cukup satu ‎SKPD saja yang mengajukan yakni BPB-Damkar.

"Dan ini belum ada proposalnya masuk ke kita, mungkin masih dalam proses," ujarnya.

Ketika disinggung mengenai mekanisme pencairan dana Rp 1 Miliyar tersebut, Musa mengatakan cairnya dana itu harus melalui permintaan dari SKPD, setelah itu diverifikasi lalu dana bisa dicairkan.

"Jadi dalam proposal itu SKPD harus melampirkan secara detail peruntukan dana tersebut baru bisa kita cairkan," singkatnya.(dow/tbp)

No comments:

Post a Comment