Monday, November 16, 2015

Warung 3 L Daur Ulang (Dalang) Collection, Sulap Sampah Jadi Barang Bernilai



BERITA RIAU, PEKANBARU - Soffia Seffen, pemilik Warung 3 L Daur Ulang (Dalang) Collection, berhasil menyulap sampah menjadi barang bernilai.

Usaha daur ulang sampah yang didirikan sejak tahun 2007 lalu, telah menghasilkan ratusan jenis kerajinan dengan bahan baku sampah.

Sejumlah sampah plastik berhasil disulap menjadi barang bernilai, mulai dari tas, sendal, baju, topi, dan beberapa jenis kerajinan olahan lainnya.

Selain menjadi tempat kerajinan, Dalang Collection pun menjadi tempat pelatihan bagi orang-orang yang ingin belajar mengolah sampah menjadi barang bernilai.

Juni, yang ditemui tribun pada Jumat (13/11/2015) mengatakan, Warung 3L Dalang Collection milik anaknya itu, didirikan setelah termovasi pengelolaan bank sampah di Jakarta.

Berbekal pengalaman itu, kemudian didirikan Warung Dalang Collection pada tahun 2007 hingga saat ini.

Awalnya Soffie pemilik rumah kerajinan kewalahan untuk mendapatkan bahan baku sampah untuk bahan pembuatan kerjaninan.

Maklum saja, tidak semua sampah dapat dipakai sebagai bahan pembuatan kerajinan. Ketika itu, Soffie mendapatkan bahan baku dari sejumlah pemulung.

Namun kini, Soffie tak lagi kesulitan untuk mendapatkan bahan baku sampah, karena saat ini sudah ada 30 unit bank sampah yang telah berdiri.

Bank sampah yang berdiri itu, umumnya ada di beberapa sekolah, dan komunitas.

Soffie kini terus aktif memberikan motivasi dan pelatihan kepada ibu-ibu PKK, komunitas dan lingkungan pendidikan, untuk memanfaatkan sampah menjadi barang bernilai.(dow/tbp)

Vid : Tribun

No comments:

Post a Comment