Thursday, October 29, 2015

Tingkatkan Kesejahteraan Guru Agama, Pemkab Rohul Kucurkan Dana Hibah Rp 6,3 Miliar

Dana Hibah Rohul - RiauCitizen
BERITA RIAU, ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ikut membantu dalam peningkatkan kesejahteraan guru agama berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan honorer di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohul.

Dalam peningkatan kesejahteraan guru agama, tahun ini Pemkab Rohul mengucurkan dana hibah bersumber dari dana APBD Rohul murni 2015 hingga Rp 6,3 miliar.

Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si dalam sambutannya di acara pertemuan dengan para guru agama di Convention Hall Masjid Agung Madani Pasirpangaraian, Kamis (29/10/15), mengatakan bantuan dana hibah Rp 6,3 miliar akan diserahterimakan kepada seluruh guru agama berstatus PNS maupun non PNS di lingkungan Kemenag Rohul.

Setiap guru agama, tambah Achmad, berhak menerima Rp 500 ribu setiap bulan. Bantuan diberikan langsung ke penerima, sehingga dana bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari mereka.

Dirinya mengharapkan bantuan dari dana hibah tersebut dapat meningkatkan kinerja dan semangat pendidik dalam mencerdaskan anak bangsa, sekaligus membentuk akhlak pelajar.

"Bantuan dana hibah ini rutin kita berikan setiap tahun. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan para guru agama. Kalau para ustad dan ustazah sudah sejahtera, tentu mereka bisa mendidik generasi muda sesuai lebih baik lagi, sesuai akidah islam berpedoman dengan Alquran," ujar Bupati Achmad.

Achmad menambahkan bantuan dana hibah bertujuan dalam membentuk karakter ustad dan ustazah agar tetap ikhlas dalam mendidik pelajar Rohul, sehingga mereka menjadikan generasi muda berakhlak mulia. Ia meminta guru agama bukan hanya mendidik, namun bisa memberikan ‎pencerahan kepada masyarakat luas.

Dirinya mengakui keterlambatan pencairan dana hibah ini karena Pemkab Rohul harus melakukan verifikasi seluruh guru agama PNS dan non PNS di lingkungan Kemenag Rohul yang berhak menerima bantuan tersebut. Termasuk keaktifan mereka dalam bekerja.

"Kita harus melakukan verifikasi dengan baik dan benar, sehingga tepat sasaran," kata Bupati Achmad usai acara.

Acara di Convention Hall Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpangaraian turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan MA, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Rohul Syaiful Bahri, dan diisi oleh ceramah Rektor Institut Sains Alquran ISQ Rohul Mustafa Umar.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan mengakui bahwa hingga saat ini kesejahteraan guru agama masih perlu diperhatikan oleh pemerintah.

Ia berterima kasih banyak kepada Bupati Rohul Achmad karena telah membantu banyak kesejahteraan guru agama di lingkungan Kemenag Rohul selama ini.(dow/rls)

No comments:

Post a Comment