Tuesday, July 14, 2015

Buruknya Layanan Pelabuhan Dumai, Kadishub Riau Berang

RiauCitizen.com, Ekonomi - Dinas Perhubungan Provinsi Riau mengkritisi PT Pelabuhan Indonesia I karena lalai memperbaiki pelayanan di Pelabuhan Klas I Dumai menjelang Idul Fitri 1436 H.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Riau, Rahmad Rahim, saat melakukan inspeksi mendadak ke Pelabuhan Dumai, Selasa. Pemicunya adalah karena saat mengecek terminal kedatangan kapal fery, Rahmad Rahim menemukan alat pendingin udara (AC) di area tersebut dalam kondisi rusak.

Rusaknya AC banyak dikeluhkan oleh pengguna jasa fery karena terminal kedatangan menjadi pengap dan panas, apalagi dalam kondisi ramai penumpang saat arus mudik Lebaran. Rahmad Rahim makin terlihat emosi karena mendapat laporan bahwa kerusakan mesin AC sudah berlangsung lama dan telah menjadi temuan oleh Dinas Perhubungan Kota Dumai, namun pihak Pelindo tidak kunjung memperbaikinya.

"Ini sudah H-3 (Lebaran), harus secepatnya AC diperbaiki di terminal kedatangan," ujar Rahmad.

Ia menjelaskan dirinya mewakili Gubernur Riau melakukan Sidak untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan fasilitas perhubungan menjelang Lebaran. Ia mengaku terkejut mendapati pelayanan di Pelabuhan Dumai, yang juga melayani pelayaran internasional, dalam kondisi kurang diperhatikan oleh Pelindo selaku operator pelabuhan.

Menurut dia, seharusnya Pelindo selaku perusahaan negara yang memiliki pengalaman panjang dalam industri pelayaran bisa lebih memperhatikan aspek keselamatan dan pelayanan untuk penumpang.

"Bukan hanya keselamatan yang oke, tapi pelayanannya tidak diperhatikan. Kondisi ini sudah tidak layak untuk pelabuhan internasional," katanya.

Ia menyayangkan pihak Pelindo tidak kooperatif memberikan klarifikasi terkait buruknya pelayanan di terminal kedatangan. Menurut dia, apabila Pelindo tidak segera memperbaiki layanannya di Pelabuhan Dumai, maka pemerintah daerah akan mencari cara untuk mengambilalihnya. 

"Kalau secara aturan bisa diambil alih, kita siap untuk mengelolanya. Pada prinsipnya kita ingin pelayanan terbaik untuk masyarakat, dan kalau Pelindo tidak mampu lebih baik Pemda yang mengelolanya," katanya.

Selama ini Pelindo mendapat kepercayaan dari Kementerian Perhubungan untuk mengelola Pelabuhan Dumai. Namun, ia menyayangkan pengawasan dari pihak kementerian kurang kuat sehingga pelayanan yang buruk masih sering terjadi.(dow/anr)

No comments:

Post a Comment