Thursday, July 30, 2015

Terima Beasiswa KL-YES, Siswa SMA Mutiara Duri Berangkat Ke Amerika

RiauCitizen.com, Pendidikan - Bella Citra Aqidah (15), siswa SMA IT Mutiara Duri sungguh beruntung. Bagaimana tidak, gadis berusia 15 tahun ini terpilih mendapatkan Beasiswa KL-YES (Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study) dan siap berangkat ke Negeri Paman Sam pada pertengahan Agustus ini. KL-YES sendiri adalah beasiswa penuh dari pemerintah Amerika Serikat untuk 85 anak Indonesia terpilih setiap tahunnya dimana penerima beasiswa akan diberangkatkan ke Amerika Serikat dan tinggal  di Amerika Serikat selama satu tahun.

Pihak sekolah mengaku bangga atas prestasi anak didiknya tersebut. Sebagai sekolah Islam terpadu, SMA IT Mutiara menyiapkan guru pendamping yang akan berperan sebagai pembimbing dalam memantau kemajuan dan khususnya membimbing nilai-nilai ke-Islaman dari anak didiknya tersebut.

"Yang harus dihindari adalah pergaulan bebas terutama pada acara kumpul-kumpul piknik atau pesta, maka harus ada guru pendamping yang minimal melakukan komunikasi lewat skype seminggu sekali," ujar Agus Saepul Dahlan, Ketua Yayasan YPIT Mutiara Duri, Kamis (30/7) lewat akun whatsapp miliknya.

Selama di Amerika, Bella akan tinggal bersama keluarga angkat atau Host Family selama menetap setahun di Amerika Serikat dan bersekolah di SMA pilihan di Amerika Serikat. Selain itu, Bella juga akan difasilitasi dengan ongkos dari  Indonesia ke Amerika Serikat, bebas biaya sekolah selama di Amerika Serikat, serta uang bulanan senilai  $125 dan uang untuk membeli keperluan sekolah sebesar $300 di awal tahun.

Selama satu tahun, gadis berkacamata ini akan berkegiatan layaknya remaja Amerika pada umumnya; seperti sekolah, ekstrakulikuler, mengikuti School Clubs, dan berpartisipasi di masyarakat secara aktif. Selain menjadi siswa, Bella juga diberi tugas untuk menjadi Duta Muda Indonesia yang nantinya berkewajiban untuk mempresentasikan Indonesia di sekolah masing-masing saat acara International Education Week  maupun di kesempatan lainnya.

Tugasnya menjadi Duta Muda Indonesia membuat Bella wajib menguasai minimal satu jenis kesenian Indonesia dan juga harus membawa alat peraga serta baju tradisional ke Amerika Serikat .

Walau pun KL-YES merupakan program beasiswa penuh, namun pemerintah Amerika tidak mendanai biaya persiapan. Tiap penerima beasiswa KL-YES diharuskan melengkapi imunisasi dewasa (vaccines),melakukan medical check-up,menggunakan koper berstandar Internasional saat perjalanan (yang bergembok TSA), membawa pakaian tradisional dan aksesorinya, membawa alat peraga presentasi, membawa buah tangan khas Indonesia untuk Host Family, dan persiapan-persiapanlainnya. Maka biaya untuk melengkapi persiapan diatas ditanggung oleh penerima beasiswa sendiri.(mia/rls)

No comments:

Post a Comment